Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Pj Bupati Muba Resmikan Lumbung Pangan

  • Whatsapp

Muba, Sumsel – Sebagai upaya peningkatan kualitas dan kuantitas produksi pertanian, agar sektor pertanian menjadi kuat dan tangguh, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin meresmikan Lumbung Pangan di Kelurahan Ngulak Kecamatan Sanga Desa, Kamis (27/4/2023).

Peresmian Lumbung Pangan ini di pusatkan di Halaman Kantor Lurah Ngulak, ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi MSi.

Dalam sambutannya Pj Bupati Apriyadi mengatakan bahwa peresmian bangunan infrastruktur tersebut adalah sebagai wujud akuntabilitas pelaksanaan kegiatan, sekaligus sebagai wujud syukur dari petani yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani Ngulak Jaya II Desa Ngulak II dan Gapoktan Sejahtera Desa Sukarami Kecamatan Sekayu.

“Alhamdulillah bantuan Lumbung Pangan ini dapat kita resmikan yang disertai mesin penggiling padi lengkap ada gudangnya khusus diserahkan untuk Ngulak Raya. Semoga bermanfaat dan meningkatkan produksi pertanian khususnya padi di Kabupaten Muba,” ujarnya.

Apriyadi juga menyebutkan kunjungan kerja yang dilaksanakan ke Kecamatan Sanga Desa adalah dalam rangka mempererat silaturahim, dan sinergitas antara pemerintah kabupaten dengan masyarakat.

“Kegiatan ini digunakan untuk memantau, dan memonitor permasalahan serta kebutuhan apa yang mendesak di masyarakat. Karena kalau tidak turun langsung ke lapangan, kita tidak tahu persis apa yang menjadi kebutuhan mendasar masyarakat,” ungkapnya.

Terkait usulan masyarakat perihal pelebaran jalan dan perbaikan jalan longsor ia mengatakan, hal itu akan menjadi atensi Pemkab Muba dan akan di anggarkan pada tahun 2024 mendatang.

“Tahun 2024 nanti akan kita bangun. Namun saya berpesan terkait program pembangunan yang dilakukan pemerintah, kalau selesai dibangun mohon pengertiannya supaya pembangunan dilakukan pemerintah dimanfaatkan dan di jaga,” imbuh Apriyadi.

Dalam kesempatan yang sama Camat Sanga Desa Hendrik SH MSi mengucapkan terimakasih kepada PJ Bupati Muba beserta rombongan, yang hadir secara khusus dalam upaya menanggapi dan menggali aspirasi masyarakat Kecamatan Sanga Desa.

“Kami bersyukur, bahwa kepedulian Pemerintah Kabupaten Muba kepada masyarakat kami sangat besar dalam menanggapi dan menggali aspirasi. Hal ini terbukti banyaknya program infrastruktur jalan di wilayah Kabupaten Muba

Hendrik juga menyampaikan salah satu usulan masyarakat, terkait pelebaran jalan kabupaten yang melintas Ngulak I dan Ngulak 3 sepanjang 7 km , yang dibangun pada masa Bupati Muba Arifin Jalil, dengan lebar jalan 3 meter.

“Maka kami mohon dalam kesempatan ini, perihal pelebaran jalan tersebut. Terima kasih atas bantuan melalui dinas terkait semoga bantuan tersebut dapat bermanfaat dan lumbung pangan dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat,” tambahnya.

Senada Tokoh Masyarakat H Kunci Bustom menyampaikan ucapkan terimakasih atas kehadiran Jajaran Pemkab Muba ke Sanga Desa. Ia juga sangat bersyukur Pj Bupati Muba sangat mencintai Kecamatan Sanga Desa karena belum genap satu tahun orang nomor satu di Bumi Serasan Sekate tersebut sudah empat kali melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Sanga Desa.

“Terima kasih atas bantuan Pak Bupati, untuk masyarakat kami di sektor pertanian, perikanan dan khususnya bangunan masjid,” ucapnya.

H Kunci Bustom sangat berharap jalan di Kelurahan Ngulak dilakukan pelebaran untuk kelancaran mobilitas masyarakat setempat.

“Selain itu kami berharap perbaikan jalan longsor kurang lebih sepanjang 40 meter di Kampung V Ngulak, supaya bisa di gunakan kembali,” pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut dilakukan juga penyerahan bantuan pekat sembako dari Dinas Sosial Muba dan Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Muba.

Selanjutnya Pj Bupati Muba yang didampingi oleh Pj Ketua TP PKK Muba Hj Asna Aini Apriyadi, Kapolres Muba AKBP Siswandi SH Sik MH, Dandim 0401 Muba Letkol Arm Dede Sudrajat SH serta Kepala Perangkat Daerah Muba terkait meninjau lokasi Bangunan Lumbung Pangan di Desa Ngulak II. (Pinggo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *