Pemerintah Pusat Bantu Rp 42 Miliar, Pemkab OI Pastikan Segera Perbaiki Jalan Rusak

  • Whatsapp

Pilarinformasi.com, OI– Bupati Ogan Ilir (OI) Panca Wijaya Akbar menegaskan Pemkab Ogan Ilir akan bertanggungjawab atas penuntasan perbaikan jalan rusak di wilayahnya.

Seperti halnya ruas jalan menuju Desa Kuang Dalam, Kecamatan Rambang Kuang yang saat ini kondisinya rusak berat.

Demikian itu dikatakan Panca saat dipertanyakan Awak Media terkait sejumlah jalan rusak di wilayah Ogan Ilir, Indralaya, Selasa (9/5/23).

“Untuk ruas jalan di Desa Kuang Dalam, kami sebagai pemerintah daerah tentu bertanggungjawab memastikan jalan tersebut diperbaiki, hingga dapat dilalui,” kata Panca kepada Awak Media.

Bahkan menurut putra Wakil Guber Sumsel Mawardi Yahya ini, perbaikan ruas jalan menuju Kuang Dalam telah direncanakan sejak awal dirinya menjabat Bupati Ogan Ilir.

Namun seperti diketahui, tahun 2021 Pemkab Ogan Ilir melakukan refocusing dan realokasi anggaran untuk penanggulangan Covid-19.

“Tahun 2022 baru terealisasi rencana anggaran, sementara tahun 2023 sedang berlangsung dan tinggal menunggu tender pembangunan jalan, “terangnya.

“Saya harap masyarakat bersabar. Pasti dalam masa kepemimpinan saya, akan dituntaskan ruas-ruas jalan yang rusak parah di Kabupaten Ogan Ilir,”sambungnya.

Panca menyebut bahwa, masih ada dua tahun anggaran lagi dan Insya Allah katanya, secara bergiliran, semua kecamatan di Ogan Ilir akan menerima manfaat pembangunan infrastruktur.

“Kalau tidak ada halangan, teknisnya sudah dianggarkan di Rambang Kuang baik dari APBD, Bangub maupun Pemerintahan Pusat, itu sudah ada,”ujar Panca.

Masih dikatakannya, tahun ini juga, Pemkab Ogan Ilir akan mendapat kucuran dana, baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemprov Sumatera Selatan.

“Meski mendapat bantuan, Pemkab Ogan Ilir tak hanya berpangku tangan dan tetap menyiapkan APBD sebesar Rp 1,6 miliar. Dan kalau memungkinkan pada ABT ini, akan ditambah lagi,”ucapnya.

Sementara Kepala Dinas PUPR Kabupaten Ogan Ilir, Ruslan mengatakan, penanganan jalan rusak di Rambang Kuang sebelumnya telah dilakukan.

Ruslan menjelaskan, ke depannya ada beberapa ruas jalan rusak parah yang diperbaiki, diantaranya ruas jalan Simpang Tambang Rambang-Tambang Ranglan yang dianggarkan dengan besaran Rp 12,5 miliar.

“Kemudian ruas jalan BRK-Kuang Dalam sebesar Rp 7,5 miliar dan Kasah-Kuang Dalam dengan anggaran Rp 3,5 miliar, “terangnya.

“Alhamdulillah, respon dari pemerintah pusat positif. Dalam waktu dekat dana pemerintah pusat akan digelontorkan sebesar Rp 42 miliar dan akan segera tender. Kita terima fisiknya,”ucap Ruslan.

Meski demikian, pihaknya juga memohon agar masyarakat bersabar dan memastikan bahwa Pemerintah Kabupaten OI tidak akan tinggal diam.

“Yang jelas perbaikan jalan pasti dilakukan demi kelancaran arus lalu lintas dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, “tegasnya. (Mz)

Editor: Gani Wijaya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *