Pemkab dan DPRD Muba Sepakati Jadwal Pembahasan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2022 dan Tiga Raperda Tahun 2023

  • Whatsapp

Pilarinformasi.com, Muba– Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat menyepakati jadwal Pembahasan Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Pemkab Muba Tahun Anggaran 2022 sekaligus 2 (dua) Raperda serta 1 (satu) Raperda Inisiatif Eksekutif.

Agenda kegiatan tersebut disepakati dalam Rapat koordinasi antara jajaran Pemerintah Muba dengan pimpinan DPRD Muba di Ruang Rapat Badan Musyawarah DPRD Muba, Senin (5/6/2023).

Selaku pimpinan rapat, Wakil Ketua DPRD Muba Jon Kenedy menyepakati bahwa penyampaian penjelasan Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Muba TA 2022 dan dua Raperda Kabupaten Muba tentang Pajak Retribusi Daerah dan Pencabutan Perda Covid-19 oleh Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi.

Adapun satu Raperda Inisiatif lainnya ialah tentang Bela Beli Produk Kabupaten oleh Bapemperda DPRD Muba yang akan dilaksanakan pada 12 Juni 2023 mendatang.

“Kemudian pada hari yang sama nanti yakni Tanggal 12 Juni 2023 juga akan dilakukan Pemandangan Umum Fraksi-fraksi terhadap Raperda tersebut dan dilanjutkan dengan Pendapat Pj Bupati Muba terhadap Raperda tentang Bela Beli Produk Kabupaten,” ungkap Wakil Ketua DPRD Muba, Jon Kenedy usai kegiatan.

Selanjutnya dikatakan dia bahwa Tanggal 13 Juni 2023 nanti akan diselenggarakan Rapat Paripurna dalam rangka tanggapan/jawaban Pj Bupati Muba terhadap Pemandangan Umum Fraksi-fraksi, dan jawaban Fraksi-fraksi DPRD Muba terhadap Pendapat Pj Bupati Muba.

“Pembahasan Badan Anggaran terhadap Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Muba TA 2022, dan Pembahasan tiga Raperda oleh Panitia Khusus DPRD Muba yang akan dilaksanakan pada 14 Juni – 9 Juli 2023 mendatang,”ungkap Jon Kenedy

Kemudian pada 10 Juli 2023 diadakan penyampaian pendapat akhir Fraksi-fraksi DPRD Muba terhadap Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Muba TA 2022, dan Pembahasan tiga Raperda Kabupaten Muba tahun 2023.

“Adapun penyampaian hasil pembahasan oleh Badan Anggaran dan Pansus hingga penandatanganan kesepakatan bersama dan pendapat akhir Pj Bupati Muba akan kita laksanakan pada 11 Juli 2023,”jelasnya.

Sementara Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi MSi diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Muba H Yudi Herzandi SH MH menyatakan bahwa Pemkab Muba sepakat dan setuju atas penjadwalan yang disampaikan DPRD Muba.

“Kami eksekutif setuju dan akan menyampaikan jadwal yang disepakati ini kepada Pj Bupati. Semoga acara ini dapat terlaksana dengan baik dan berjalan lancar sesuai dengan yang kita harapkan,” ujar Yudi Herzandi.

Teekait hal itu, Wakil Ketua II DPRD Muba Irwin Zulyani berharap agar para Kepala Perangkat Daerah Muba dapat hadir dalam rapat pembahasan dengan Panitia Khusus nantinya.

“Jadi harus wajib datang karena ini terkait keuangan,”pintanya. (Pinggo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *